OnePrix 2021 Sentul : Kete Pakai GTR Sedangkan Topan Sonic 150R, Ini Penjelasan Mekanik Kupret

OgyRacing.com-Ada yang menarik di paddock tim Honda H Putra 969 LFN RCB Proliner. Bahwa dua pembalap seedednya (kelas OP1) punya motor yang berbeda. Fitriansyah Kete dengan Honda GTR150, sedangkan Rafid Topan dengan Honda Sonic150R.

Itu terjadi dalam rangkaian seri perdana Kejurnas OnePrix 2021 di Sirkuit Sentul Kecil, Bogor, Minggu (19-20 Juni). Konteks ini yang kemudian ditanyakan kepada mekanik dari tim yang dimiliki Haji Putra Rizky ini. Ialah tuner Suhartanto yang akrab disapa Kupret.

BACA (JUGA) : OnePrix Sentul : Wow..! Sudah Ada Helm NHK GP R Tech Khusus Anak-Anak, Bahan Spesial, Sudah Dipasarkan !

Apakah itu kebijaksanaan tim ataukah bebas-bebas saja pembalap memilih ? Apa pula yang menjadi alasan teknis mereka ? “Jadi untuk pilihan motor, itu kembali kepada keinginan pembalap. Mana yang mereka suka, silahkan saja. Kan kalau untuk mesin GTR dan Sonic10R itu sama-sama berkode K56, “ujar Kupret.

Suhartanto “Kupret” selaku mekanik tim Honda H Putra 969

“Jadi ini berhubungan dengan handling motor saja. Kalau untuk tikungan-tikungan yang rada sempit, termasuk yang model putar-balik, maka Sonic 150R diklaim manuvernya lebih lincah. Lebih cepat”.

BACA (JUGA) : OnePrix Sentul : Bima Aditya The Strokes55 Mekanik Terbaik Pemula Dan Rookie, 3 Podium Juara Dan 1 Runner-Up

“Tetapi untuk tikungan-tikungan yang membutuhkan rolling speed, maka GTR lebih enak. Lebih maksimal. Semua kembali kepada selera pembalap. Saya sebagai mekanik ngikut saja, “tambah Kupret yang mengaku sebagai mekanik freelance karena memang menggarap motor tim-tim lainnya tetapi ia mengaku lebih fokus di tim H Putra 969 karena memang langkah risetnya disupport penuh.  f4N1